Tips Atasi Morning Sickness dan Menjaga Kesehatan Kandungan

Tips Atasi Morning Sickness dan Menjaga Kesehatan Kandungan

Morning sickness sering dialami oleh ibu hamil. Setengah dari seluruh ibu hamil pasti pernah mengalami morning sickness. Peningkatan kuantitas hormon secara drastis menyebabkan tubuh mengalami perubahan fungsi. Tubuh mengeluarkan estrogen dan progesteron 15 sampai 40 kali lipat dari biasanya.


Bagaimana cara untuk mengatasi morning sickness?

Berikut ini solusinya :

1. Siasati dengan makanan yang tinggi protein seperti daging, keju, atau tempe.

2. Makan dengan frekuensi kecil namun sering

3. Minum sari buah-buahan atau jahe untuk mengurangi rasa mual.


Selain memberikan cara untuk mengatasi morning sickness, dr. Kartika dari Rumah Sakit Hermina Banyumanik ini, juga memberikan cara yang harus dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan.

"Tentu kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil.


Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin:


1. Menjaga pola hidup sehat


"Menjaga pola hidup sehat, bisa dilakukan dengan berbagai cara," tutur dr. Kartika. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat :


     a. Makan Makanan Bergizi

Makanan ibu hamil harus mencukupi kebutuhan gizi dan kalori ibu hamil, secara mudah bahwa kebutuhan kalori ibu hamil lebih tinggi dibandingan wanita normal, oleh karena itu seharusnya porsi makan ibu hamil lebih banyak dibanding ibu yang tidak hamil.

"Paling mudah dipahami ibu hamil harus makan 3x sehari dengan menu yg seimbang ditambah snack berat 2x.

Pada awal kehamilan kebutuha kalori belum terlalu tinggi, oleh karena itu porsi makan seperti biasa seperti sebelum hamil, hanya saja kadang ibu hamil muda merasa mual, hal itu bias disiasati dengan makan sedikit tapi sering.


     b. Minum vitamin secara teratur.

Untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil, terutama untuk janin, dan untuk meningkatkan kekebalan ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit harus banyak minum.


    c. Tidak merokok dan minum minuman beralkolhol

  Rokok dan alkohol bias membahayakan kesehatan dan perkembangan janin.


    d. Belajar tenang dan cukup istirahat

Mencoba untuk mengatur emosi agar selalu tenang dan sabar, ubah pikiran atau kecemasan yang akan membawa pengaruh negatif ke janin, dan berusaha berpikiran positif.

"Jangan lupa berdoa ke Allah agar selalu diberi kesehatan untuk ibu dan janin. jangan memaksan diri, saat tubuh merasa lelah cobalah untuk beristirahat guna memulihkan kondisi ibu hamil.


2. Lakukan Olah raga ringan



3. Berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan

Tidak semua obat aman untuk janin, apalagi obat yang dijual bebas. Dan agar lebih aman konsulktasikan obat kepada dokter sebelum mengonsumsi obat agar kesehatan dan pertumbuhan janin terjaga.


4. Rajin Membaca Artikel atau Buku

Saat waktu senggang sempat membaca artikel atau buku tentang kehamilan, seputar persiapan persalinan, agar ibu hamil punya pengetahuan dan wawasan yang luas tentang kehamilan nya dan beberapa permasalahan tentang kehamilan.




dr. Kartika Budi P, Sp.OG M.Kes

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi - RS Hermina Banyumanik

Jadwal Praktek :

Senin : 16.00 -18.00 Wib

Rabu : 15.00 – 17.00 Wib

Sabtu : 15.00 – 17.00 Wib



Call Centre : 1500.488 / 021.80618050

Mobile Apps : Hermina Hospital Group (Tersedia untuk iOS dan Android)

www.herminahospitals.com