Sudah Seimbangkah Diet Anda?

Sudah Seimbangkah Diet Anda?

Kegemukan adalah kelebihan berat badan yang diukur dengan perhitungan melalui body mass index. Obesitas adalah penumpukan lemak pada tubuh, yang terjadi akibat asupan makanan yang berlebihan dan kurang atau tidak adanya aktifitas fisik. Obesitas merupakan faktor risiko terjadinya beberapa penyakit seperti, penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes melitus tipe 2, dislipidemia, dan osteoarthritis (radang sendi). Penanganan utama obesitas adalah perubahan gaya hidup, yaitu diet (mengatur pola makan) dan aktifitas fisik.

Terdapat berbagai jenis diet, sesuaikan dengan kondisi masing-masing individu. Diet yang populer saat ini adalah ketofastosis. Ketofastosis adalah gabungan dari ketogenik dan fastosis. Diet ketogenik adalah pola makan yang tinggi lemak (70-75%), protein dalam jumlah sedang (20%), dan rendah karbohidrat (5%). Fastosis adalah fasting on ketosis (puasa dalam keadaan ketosis). Ketosis adalah suatu proses metabolik yang menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dalam menjalani diet ketofastosis terdapat beberapa syarat, yaitu obesitas dengan kadar gula darah normal, kadar kolesterol/lemak darah normal, dan fungsi ginjal normal; tidak melebihi jangka waktu 6 bulan; dan menggunakan lemak yang baik.

Bila seseorang yang tidak memenuhi syarat melakukan diet ketofastosis dapat mengakibatkan gangguan metabolisme, diantaranya peningkatan kadar lemak darah dan peningkatan asam urat. Pada diet ketofastosis terjadi penurunan berat badan yang drastis.

Penurunan berat badan yang baik adalah 2-4 kg dalam sebulan. Penurunan berat badan yang drastis tidak dianjurkan, karena menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan risiko tinggi terjadinya efek “yoyo” (kembalinya peningkatan berat badan yang cepat). Diet secara sehat yang disarankan adalah mengurangi total kalori dengan menggunakan komposisi diet seimbang, yaitu karbohidrat 55-65%, protein 20-25%, dan lemak 25-35%.

Sudah seimbangkah diet anda ? apa diet yang tepat untuk anda ? konsultasi diet kepada gizi klinis adalah pilihan yang tepat untuk memulai diet sehat.



dr. Caroline Paolina Kanaga, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi - RS Hermina Mekarsari

Jadwal Praktek :

Senin : 08.00 -10.00 Wib

Rabu : 16.00 – 18.00 Wib

Sabtu : 10.00 – 12.00 Wib


Call Centre : 1500.488 / 021.80618050

Mobile Apps : Hermina Hospital Group (Tersedia untuk iOS dan Android)

www.herminahospitals.com